Pages

SINOPSIS: SWADES dan Cerita Tentangnya

Sabtu, 12 Januari 2013


Sedikit tidak banyak Saya ingin menuliskan tentang satu hal. Saat yang lain terlelap. Film itu betul-betul membuat saya tidak tidur hingga menjelang subuh. Bukan hanya karena durasinya yang panjang. Tapi sungguh, film ini benar-benar menarik. SWADES. Film itu telah berhasil membuat saya melek sampai dini hari.
Saya menyukainya, seperti halnya ketika Saya menuliskan namanya Shahrukh Khan. Sama seperti kebanyakan filmnya yang lain. Dia selalu saja membuat saya terkagum-kagum. Dan ikut terbawa alur cerita yang dia mainkan.
Swades is a nice film. Kalimat itulah yang Saya tuliskan di akun twitter saya. Bukan hanya karena dia. Lelaki yang bisa memutar logika Saya tentang dunia film. Dan realitanya film India. Dia bukan hanya memiliki karakter tapi mampu mengkarakterkan film-filmnya. Ok. Kembali ke film. Swades betul-betul film yang mengesankan buat saya saat ini.
Berkisah tentang seorang pemuda India yang bekerja di NASA. Konflik terjadi ketika dia memutuskan untuk kembali ke India mencari wanita yang pernah mengasuhnya sejak kecil ketika ayah dan ibunya masih hidup. Baginya wanita itu adalah ibu kedua untuknya. Dia berniat untuk membawa wanita itu tinggal bersamanya di Amerika.
            Namun, kenyataan berbeda terjadi setibanya di India, dia menuju ke sebuah desa tempat dimana ibu keduanya itu menetap. Di desa tersebut banyak hal dan pelajaran yang dia lalui. Dia melihat suatu kondisi yang memperihatinkan terjadi di negaranya. Berbeda halnya di Amerika. Orang-orang di negaranya (India) merasa bangga dengan kebudayaan yang mereka miliki namun kurang memahami arti pendidikan dan kemajuan bagi generasinya. Kasta salah satu yang menjadi singgungan dalam film ini. Selain itu sorotan terhadap kemiskinan di belahan daerah di India menjadi sesuatu sangat menarik, mebuat saya teringat dengan keadaan Indonesia saat ini.
            Mohan begitulah dia disebut dalam film Swades. Mohan melakukan banyak perubahan di desa itu. Tapi, NASA memanggilnya kembali untuk menyelesaikan proyek besarnya di Amerika yaitu sebuah satelit.
Mohan merasa berat meninggalkan India bukan hanya karena Khavariamma (wanita tua yang sangat dirindukannya) yang memutuskan untuk tidak ikut bersamanya ke Amerika, tapi karena dia juga bertemu dengan sosok gadis cantik bernama Gita. Seorang pengajar pada sekolah yang ada di desa tersebut.
Setelah proyeknya dengan NASA berhasil dia memutuskan untuk kembali ke India bukan hanya karena kecintaannya pada Khavariamma, kecintaannya kepada gadis yang bernama Gita, tapi terlebih karena kecintaannya kepada negaranya.
Film Swades ini mengajarkan banyak hal di antaranya Knowlidge, Education, Nasionalism, politic, Love, HAM dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, tonton filmnya, temukan konflik yang komplit (bukan sekedar film India) dan saksikanlah kisah drama yang unik. Banyak pelajaran yang bisa dipetik. Di jamin seru! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

WHAT TIME IS IT?

Tags

Most Reading

VISIT

Followers